About me

Foto saya
mahasiswa Universitas Gunadarma
Feeds RSS
Feeds RSS

Rabu, 24 November 2010

proses pembelian suatu produk


Proses Pembelian suatu Produk


Proses Pembelian suatu Produk. Seorang konsumen pada hakikatnya memiliki kebutuhan dan keinginan akan suatu barang. Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya maka para konsumen akan melalui beberapa proses pembelian karena tersedianya berbagai macam pilihan barang  yang ada dipasaran. Proses pembelian barang ini lebih diutamakan pada barang yang lebih istimewa (harganya relatif tinggi) sehingga membutuhkan proses pembelian supaya barang tersebut sesuai dengan kualitas dan tingkat harga yang kita inginkan.
            Penulis menganalisis seorang konsumen yang berprofesi sebagai TNI dalam menentukan pembelian laptop. Umumnya, laptop sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi sebagian pelajar, mahasiswa maupun berbagai profesi.  Penulis telah mewawancarai nara sumber yang bernama Putra. Putra menginginkan sebuah laptop karena tuntutan pekerjaannya sebagai TNI yang diharuskan untuk membimbing perwira-perwira baru tentang teori pertahanan. Laptop bagi Putra bukan sekedar keinginan tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan karena tanpa laptop pribadi Putra akan sulit untuk menjalankan tugasnya dalam membimbing perwira-perwira baru­­­.
                Sesuai kebutuhan dan keinginannya Putra harus melakukan  pembelian pada produk laptop karena laptop terdiri dari berbagai pilihan merk dan kualitas maka konsumen harus memikirkan laptop dengan merk dan kulitas apa yang diinginkan supaya produk yang di beli itu memuaskan dan penggunaanya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Hal utama yang dilakukan konsumen (Putra) yaitu mencari informasi tentang harga dan kulitas dari berbagai merk laptop yang beredar dipasaran supaya ada acuan harga dan kualitas dalam pembeliannya. Teknologi yang sudah semakin canggih bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi mengenai sebuah produk yang kita inginkan yaitu melalui internet, bisa juga melalui media cetak dan media elektronik lainnya. Informasi mengenai suatu produk juga bisa didapatkan melalui pengalaman orang-orang di sekitar.
            Penulis bertanya “Apa tujuan pembelian laptop bagi Saudara Putra?” Putra sebagai narasumber memiliki tujuan pembelian yang konkret untuk membeli sebuah laptop. Putra yang berprofesi sebagai TNI yang bertugas membimbing perwira-perwira baru dalam hal teori pertahanan dan keamanan sehingga Putra  membutuhkan laptop untuk membuat laporan/teori, mencari teori melalui internet (up to date),  mempresentasikan teori pada perwira-perwira bimbingannya.
            Putra  mengidentifikasi alternatif pembelian setelah dia medapatkan berbagai informasi. Putra merupakan konsumen yang teliti sehingga Putra terlebih dahulu mencari tau tingkat harga laptop yang dia inginkan di berbagai tempat seperti toko elektronik di pasar, penjual elektronik di pusat perbelanjaan (mal) dll. Dalam pengambilan keputusan pembelian, Putra memutuskan untuk membeli laptop Toshiba  seharga 10 juta di toko elektronik. Putra memilih merk Toshiba seharga 10 juta karena  membutuhkan laptop yang canggih sebagai tuntutan profesinya, Putra mendapat  informasi dari internet dan dari beberapa pengalaman temannya yang menggunakan laptop Toshiba. Putra lebih memilih membelinnya pada toko elektronik di pasar karena harganya lebih murah dibandingkan toko elektronik pada Pusat Perbelanjaan (maal).
            Melalui berbagai proses pembelian yang telah dibahas, kita sebagai konsumen memang harus mengetahui informasi yang lengkap mengenai suatu produk barang yang ingin kita beli supaya kita mendapatkan produk yang kualitas dan tingkat harganya sesuai.

0 komentar:

Posting Komentar