About me

Foto saya
mahasiswa Universitas Gunadarma
Feeds RSS
Feeds RSS

Sabtu, 13 November 2010

Pasar dan Pemasaran


Pasar Vs Pemasaran

Pendahuluan

            Iklim perekonomian yang semakin pesat ini menyebabkan persaingan yang global khususnya dalam bidang pemasaran. Karena pada era globalisasi, Indonesia juga dihadapkan pada era perdagangan bebas. Pemasaran tidak hanya dihadapkan pada persaingan  dengan pemasaran dalam negeri, tetapi juga dituntut harus siap menghadapi persaingan dari pemasaran yang berasal dari luar negeri. Sehingga pemasaran yang menjadi pokok utama pada pembahasan ini harus kita pelajari sebaik-baiknya agar negara kita tidak tertinggal dalam persaingan global ini. Pemasaran yang berasal dari kata pasar, diperlukan dalam kegiatan ekonomi sehari-hari karena setiap manusia memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi.


Isi
Menurut William J. Stanton (1993:92) pasar dapat didefinisikan sebagai berikut:
“ Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya”.
           
            Pasar dalam arti ekonomi diartikan sebagai tempat bertemunya penjual/produsen dan pembeli/konsumen untuk melakukan transaksi jual beli. Dalam konsep tradisional, pasar diartikan sebagai “tempat” bertemunya kekuatan penjual (supply) dan kekuatan pembeli (demand)  sampai timbul transaksi, sehingga pasar  tradisional sering di sebut “pasar konkret”.  Pengertian pasar menurut konsep pemasaran dipandang sebagai sasaran atau tujuan kegiatan pemasaran, yaitu pasar adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.
            Manusia pada kodratnya selalu memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. kebutuhan hidup yang beraneka ragam dapat dipenuhi dengan tersediannya sarana untuk mempertemukan antara pembeli dan penjual yang disebut pasar. Dalam memenuhi kebutuhannya, masyarakat mempertimbangkan antara keinginannya, daya beli, dan kemauan untuk membelanjakannya, hal itu harus seimbang agar keinginan tercapai sesuai dengan tingkat ekonomi dan rasa kepuasan yang maksimal. Pasar memfasilitasi berbagai kebutuhan masyarakat, sehingga masyarakat harus pandai membelanjakan uangnya sesuai keinginan tetapi tidak memaksakan diri untuk memiliki hal-hal di luar jangkauan ekonominya. Keinginan yang belum tercapai dapat dijadikan motivasi untuk kita bekerja keras agar segera memilikinya. Dalam era globalisasi dunia pasar lebih dominan karena kebutuhan manusia yang tidak terbatas itu dapt dijadikan peluang usaha produsen untuk memasarkan produknya.
By: Sartika
Sumber: Budiarto, Teguh (Dasar Pemasaran).

Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial
http://gudangupil.com/pengertian-konsep-definisi-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran/indo/

Hal yang perlu di perhatikan dalam pemasaran :
Menurut Basu Swasta (1984:87) mengemukakan bahwa :
“ Motivasi adalah suatu dorongan keinginan individu yang diarahkan pada tujuan untuk memperoleh kepuasan “.
Dari pengertian diatas maka dapat diketahui bahwa keinginan dari seseorang itu pada dasarnya untuk memperoleh suatu kepuasan bagi dirinya. Kepuasan pelanggan merupakan faktor yang sangat perlu diperhatikan dalam pemasaran sebab hal tersebut yang menjadi salah satu kunci keberhasilan pemasaran. Philip Kotler (1997:36) memberikan definisi kepuasan sebagai berikut :
“ Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (atau hasil) suatu produk dan harapan-harapannya “.
Seperti dijelaskan dalam definisi diatas kepuasan merupakan fungsi dari kesan kinerja dan harapan. Jika kinerja dibawah harapan, pelanggan tidak puas. Jika kinerja memenuhi harapan, pelanggan puas. Jika kinerja melebihi harapan, pelanggan amat puas atau senang. Dengan demikian pembentukkan kepuasan pelanggan perlu terus menerus diupayakan, agar pelanggan akan tetap setia pada perusahaan atau produk kita dan merupakan cara untuk menarik konsumen lainnya.

            Secara umum, pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit)guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang/jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
            Pemasaran merupakan tahap penting dalam memperkenal produk suatu perusahaan. Pemasaran berupa perjalanan produk yang dihasilkan oleh prudusen sampai informasinya diketahui oleh konsumen dan membuat konsumen tertarik pada produk tersebut. Masyarakat dari berbagai latar belakang memiliki kebutuhan yag berbeda-beda pula, maka para produsen harus pandai menentukan produk apa yang akan dihasilkan, untuk siapa produk  ini di buat, dan memperhatikan nilai kegunaan produk yang dihasilkan.
By: sartika
 Sumber: Budiarto, Teguh (Dasar Pemasaran).

Kesimpulan
Ø  Pengertian pasar menurut konsep pemasaran dipandang sebagai sasaran atau tujuan kegiatan pemasaran, yaitu pasar adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.

Ø  Unsur penting didalam pasar yaitu :
  1. Orang dengan segala keinginannya
  2. Daya beli mereka
  3. Kemauan untuk membelanjakannya

Ø  pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit)guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang/jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.


Referensi

2.      Budiarto, Teguh (Dasar Pemasaran)
3.      http://gudangupil.com/pengertian-konsep-definisi-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran/indo/








0 komentar:

Posting Komentar