About me

Foto saya
mahasiswa Universitas Gunadarma
Feeds RSS
Feeds RSS

Rabu, 24 November 2010

perilaku pasar konsumen

Perilaku Pasar Konsumen
           
Perilaku pasar konsumen. Perilaku pasar adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan serta kegiatan fisik individual atau organisasional terhadap produk tertentu, konsisten selama periode waktu tertentu.  Pemahaman terhadap profil dan perilaku pasar akan menjelaskan tentang :
1.      Siapa, Apa, Berapa, Kapan, Dimana pembelian dilakukan
2.      Mengapa suatu produk dibeli (ditolak)?
3.      Bagaimana proses pembelian terjadi?
Siapa, Apa, Berapa, Kapan, Dimana pembeliannya, hal ini merupaka hal utama dalam proses perilaku pasar untuk pembelian suatu produk. jika kita ingin  membeli suatu  produk maka kita harus menyesuaikan produk tersebut untuk siapa saja (apakah cocok jika di pakai oleh kita?),  produk apa yang kita diinginkan, berapa banyak kita harus membeli produk tersebut  agar sesuai dengan kebutuhan, kapan produk tersebut ada di pasaran, dan di mana kita bisa mendapatkan produk yang kita ingingkan tersebut.  Penulis mengamati seorang konsumen remaja yang bernama Selly , Selly memilih produk shampo Loreal. Umumnya, shampo Loreal dipakai oleh wanita. Selly membeli 1 botol shampo Loreal setiap bulan. Produk shampo Loreal digunakan oleh Selly untuk keramas 1 kali dalam sehari. Shampo Loreal di beli Selly di supermarket atau di toko khusus kosmetik karena produk shampo Loreal tidak tersedia di warung biasa. Harga shampo Loreal yaitu Rp 30.000,00/botol. Shampo merupakan kebutuhan setiap hari bagi konsumen sehingga produk ini tersedia dipasaran kapan saja.
            Pengambilan keputusan (untuk membeli atau tidak membeli) seseorang dipengaruhi oleh faktor personal dan sosialnya. Faktor personal meliputi motivasi, persepsi, pemahaman, kepercayaan, sikap, dan kepribadian seseorang. Kehidupan personal seseorang dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya. Faktor sosial tersebut meliputi aspek kultur, subkultur, klas sosial, kelompok referensi, keluarga, serta peran dan status seseorang dalam kehidupan kelompok.
            Teori motivasi menurut Herzberg, motivasi seseorang melakukan kegiatan atau tindakan adalah usaha untuk mencapai tingkat kepuasan (faktor motivasi) dan atau untuk menekan rasa ketidakpuasan (faktor hijienik). Tiap konsumen memiliki motivasi yang berbeda-beda dalam pembelian suatu produk, motivasi ini dapat memperkuat keinginan konsumen untuk segera memiliki produk tersebut. Selly sebagai konsumen produk shampo Loreal memiliki motivasi pula dalam pembelian produk ini, Selly ingin rambut panjangnya halus dan berkilau seperti bintang iklannya shampo Loreal  yang bernama Dian Sastro.
            Persepsi adalah proses pemilihan, pengorganisasian, dan pengartian informasi berdasarkan pengalaman pribadi.  Persepsi tiap orang itu berbeda-beda tergantung dari sudut pandang dan pengalaman pribadinya. Selly meganggap shampo Loreal itu yang terbaik karena merupakan produk luar negri yang terkenal di beberapa negara. Pemahaman dan kepercayaan mengenai suatu produk juga merupakan proses perilaku konsumen dalam menentukan produk yang ingin dibeli. Lalu konsumen akan menentukan sikap mengenai suatu produk, sikap adalah penilaian relatif seseorang suatu obyek atau pemikiran tertentu secara konsisten, maka sebagai pemasar perlu melakukan usaha membentuk sikap konsumen agar tidak menolak produk maupun perusahaan.
            Peranan seseorang dalam proses pembelian menjadi hal penting, misalnya peranan pakar rambut internasional yang ikut menyarankan sebuah shampo Loreal yang identik dengan shampo berkelas dunia sangat berpengaruh terhadap penjualan produk shampo tersebut.  Model pengambilan keputusan (untuk membeli atau tidak membeli) oleh decider meliputi : (1) perumusan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) pengembangan dan penilaian alternatif, (4) penentuan alternatif terbaik atau pengambilan keputusan, dan kegiatan setelah keputusan diambil.  Selly sebagai konsumen produk shampo Loreal merumuskan berbagai pilihan shampo yang tersedia dipasaran, mencari informasi yang lengkap melalui iklan, internet, dan pengalaman teman serta keluarganya yang memakai produk shampo Loreal. Setelah mempertimbangkan dari  berbagai informasi lalu memutuskan pemakaian produk tersebut, karena Selly merasa cocok memakai produk shampo Loreal akhirnya Selly rutin membeli produk tersebut untuk memenuhi kebutuhannya.
    
Nara sumber         : Buku Dasar Pemasaran (Universitas Gunadarma)
Nama pembuat   : Teguh Budiaro
Tahun                    : 1993

     

           







0 komentar:

Posting Komentar