About me

Foto saya
mahasiswa Universitas Gunadarma
Feeds RSS
Feeds RSS

Senin, 16 Mei 2011

sukses dengan kebiasaan baik


Sukses dengan Kebiasan Baik
·         Sabar
Kebiasaan tidak bisa di bentuk dalam semalam. Untuk mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baik yang tepat perlu latihan berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan. Bersabar dan terus berusaha sehingga kebiasaan baik punya waktu untuk berkembang. Jangan tinggalkan setengah jalan karena frustrasi.

·         Latihan pengulangan
Agar suatu aktivitas bisa berkembang menjadi kebiasaan, aktivitas tersebut harus sering diulang.  Riset menunjukkan, setiap aktivitas yang di ulang selama 21 hari secara perlahan akan menjadi kebiasaan. Kebiasaan berkembang dalam 1 atau 2 bulan jika aktivitas terus dilakukan berulang-ulang kebiasaan perlu waktu berkembang karena aktivitas tersebut harus diulang-ulang agar bisa di simpan di dalam pikiran bawah sadar sehingga menjadi kebiasaan.

·         Ceritakan kepada orang-orang tujuan Anda
Ceritakan kepada orang-orang di sekitar Anda tentang kebiasaan-kebiasaan baru yang akan Anda kembangkan.mereka dapat membantu Anda meraih tujuan Anda.

·         Beri peringatan kepada diri sendiri
Tuliskan kebiasaan-kebiasaan baru yang coba Anda kembangkan pada kalender dan letakkan pada tempat yang Anda akan lihat. Terus menerus melihat catatan ini memprogram pikiran bawah sadar untuk mengingat impian yang Anda kejar. Jika Anda punya tekad, pengingat ini akan membantu Anda mencegah merusak kebiasaan baru ini.

·         Kembangkan kebiasaan kecil terlebih dahulu
Coba kembangkan kebiasaan-kebiasaan yang perlu lebih sedikit upaya sebelum mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang lebih besar. Begitu anda mengembangkan kebiasaan baru, kepercayaan diri anda akan meningkat dan karena itu Anda akan dapat menghadapi tantangan baru yang lebih keras dengan lebih percaya diri.

·         Fokus pada mengembangkan kebiasaan satu per satu
Punya daftar panjang kebiasaan yang ingin Anda kembangkan itu baik saja. Tapi melihanya membuat anda tidak menyadari segala sesuatu sekali pandang. Bentuk satu kebiasaan sederhana yang menurut anda paling penting saat ini.

·         Adaptasi secara perlahan dengan kebiasaan baru
Jangan buat perubahan mencolok pada gaya hidup Anda untuk adaptasi dengan kebiasaan baru. Perubahan tajam dalam gaya hidup dapat menimbulkan masalah kesehatan karena kebiasaan itu Anda kembangkan seumur hidup. Bersabar dan bertahap dalam mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baru.

·         Visualisasi hidup dengan kebiasaan baru
Bayangkan beberapa kali sehari betapa bedanya hidup Anda dengan kebiasaan-kebiasaan baru. Bayangkan hasil yang Anda akan raih begitu kebiasaan-kebiasaan baru itu terbentuk.

Nara sumber: Aura edisi 35

0 komentar:

Posting Komentar