About me

Foto saya
mahasiswa Universitas Gunadarma
Feeds RSS
Feeds RSS

Selasa, 29 November 2011

Analisis Jurnal Pala


Analisis Jurnal Pala


Judul                     : Diversifikasi Pengolahan Pala sebagai Sumber Peningkatan pendapatan dan             kesejahteraan  masyarakat   di Kecamatan Fakfak Kabupaten Dati II Fakfak, Propinsi   Irian Jaya.
Pengarang             : LudiaT. Wambrau
Tahun                   : 1999
Tema                    : Pemanfaatan sumber daya pala yang kurang optimal

Latar belakang masalah
                Potensi pala di di Kabupaten Fakfak, Propinsi Irian Jaya memiliki peluang yang signifikan karena potensi alamnya, tetapi dalam pengolahan sumber daya pala kurang optimal. Sehubung dengan itu penulis memandang perlu untuk mengadakan suatu penelitian yang menganalisa kontribusi diversifikasi pengolahan pala sebagai sumber peningkatan pendapatan masyarakat di Kecamatan Fakfak dan faktor-faktor yang memengaruhinya.

Metodelogi
                Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari responden dengan berpedoman pada daftar pertanyaan (kuisioner) dan pengamatan langsung. Data sekunder diambil dari instansi-intansi terkait sehubungan dengan penelitian ini.       
    
Variabel
                Pala-Peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Fakfak, Propinsi Irian Jaya.

Hasil dan analisis
                Masyarakat Fakfak memiliki mata pencaharian utama yaitu dalam bidang perkebunan terutama perkebunan pala yang memiliki potensi yang paling tinggi. Perkebunan pala memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memperluas lapangan pekerjaan, dan memperluas pasar dalam dan luar negeri.  kualitas pala menjadi hal utama yang harus diperhatikan karena hal itu dapat memengaruhi tingkat pemasarannya. Sumber daya pala yang melimpah seharusnya dapat dimanfaatkan secara optimal, dengan membuat produk turunannya yang bernilai tinggi. Sumber daya pala yang berkualitas dapat bernilai jual tinggi jika diimbangi dengan pembuatan produk turunan pala yang inovatif. Ironisnya, masyarakat Fakfak belum dapat mengoptimalkan sumber daya pala yang berlimpah tersebut.
                Faktor penghambat dalam pengoptimalan sumber daya pala yaitu karena produksi membutuhkan biaya yang besar tetapi investasi modal sangat terbatas sehingga perlu suntikan dana untuk membangun industri-industri yang inovatif.  Kurangnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat membuat bahan baku dan produksi pala kurang dimanfaatkan secara optimal.
                Jika masyarakat Fakfak hanya mengandalkan potensi pala mentah maka akan berisiko tinggi karena pala mentah yang melimpah itu hanya bernilai standar, padahal kita dapat mengola bahan mentah pala menjadi suatu produk yang lebih inovatif dan bernilai jual tinggi untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.
               
Kesimpulan
                Sumber daya pala yang melimpah   di Kecamatan Fakfak Kabupaten Dati II Fakfak, Propinsi Irian Jaya kurang dimanfaatkan secara optimal. Minimnya industri-industri produk pengolahan pala menjadi masalah utama karena pala mentah yang dihasilkan kurang berkualitas,  kurangnya modal untuk membangun industri turunan pala, dan keterbatasan pengetahuan dan keterampilan masyarakat Fakfak.

Rekomendasi
·         Data yang disajikan dalam penelitian ini bersifat informatif karena narasumber menggunakan metode penelitian primer dan sekunder.
·         Informasi yang disajikan bersifat real karena sesuai dengan kenyataan di lapangan (daerah Fakfak).

Sumber utama                  :

Sumber penunjang         :             


Nama         : -Febriana Puspita Sari (22210688)
                    -Sartika                       (26210394)
Kelas         : SMAK-04











1 komentar:

nurulapriyanii mengatakan...

kawan, jangan lupa ya memasang RSS Feed BAAK dan RSS Feed Studentsite ya. Cara teknisnya bisa dilihat di http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/30949/RSS+Feed+BAAK.pdf & http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/30947/RSS+Feed+Studentsite+Pada+Blogspot.pdf

Posting Komentar